HAK ANAK ANGKAT MENURUT HUKUM WARIS DALAM KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PERDATA (Burgerlijk Wetboek)

  • Ainu Rofiq B

Abstract

Pengangkatan anak menyebabkan terputus hubungan perdata antara anak angkat dengan orang tua kandungnya, sehingga orang tua angkat di satu pihak mempunyai kewajiban untuk memenuhi segala keperluan, kebutuhan dan memperhatikan kesejahteraan anak yang diangkat dan di pihak yang lain anak angkat memperoleh hak untuk mewarisi kekayaan orang tua angkatnya.. Salah satu aturan yang mengatur tentang ‘pewarisan’ adalah KUH Perdata atau yang dikenal juga dengan istilah ‘Burgerlijk Wetboek’ (BW). Dengan adanya ketentuan-ketentuan yang telah digariskan dalam Undang-Undang ini, maka seorang akan angkat akan dapat memperoleh haknya sebagaimana mestinya. Untuk mengetahui lebih jauh yang berhubungan dengan anak angkat dan kewarisannya. Penelitian ini merupakan penelitian normatif dengan pendekatan perundang-undangan dan konseptual. Sumber data yang digunaka terdiri dari bahan huklm primer dan bahan hukum sekunder, yang pengumpulannya dilakukan melalui studi kepustakaan. Analisis data dilakukan secara kualitatif.

References

Buku
Afandi, Ali. 2004. Hukum Waris, Hukum Keluarga, dan Hukum Pembuktian. Cetakan keempat,. Jakarta: Rineke Cipta
Ahmad Rofiq, Fiqh Mawaris, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 1993.
Ali, Zainuddin, 2008. Pelaksanaan Hukum Waris di Indonesia. Jakarta: Sinar Grafika.
Amanat, Anisituas, 2000. Membagi Warisan Berdasarkan Pasal-Pasal Hukum Perdata BW.Cet-1. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Aprilianti, Rosida . 2011. Hukum Waris Menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.
Penerbit Universitas Lampung.
Fatchur Rahman, Ilmu Waris, Bandung : PT. Alma’arif, 1987.
Perangin, Efendi, 2005. Hukum Waris , Jakarta, PT. Raja Grafindo
Satrio, J. 1998 . Hukum Waris . Penerbit Alumni . Bandung

PERATURAN
Subekti dan R. Tjitrosudibyo. 2000. Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (BW) dengan Tambahan Undang-Undang Pokok Agraria dan Undang-Undang Perkawinan.
Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak
Published
2024-08-02
How to Cite
B, A. (2024). HAK ANAK ANGKAT MENURUT HUKUM WARIS DALAM KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PERDATA (Burgerlijk Wetboek). Jurnal Penelitian & Pengkajian Ilmiah Mahasiswa (JPPIM), 5(2), 1 - 6. Retrieved from https://jppim.wisnuwardhana.ac.id/index.php/jppim/article/view/247
Section
Articles