ANALISIS STRATEGI INDUSTRI TERKAIT KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PELANGGAN

  • Muhammad Sendi Agung Suhendar
  • Sunyoto Sunyoto
  • Imron Widiastuti
Keywords: Konsumen, Kualitas, Pelayanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mengetahui bagaimana kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di bengkel Wisesa Motor. Bahwa pelayanan yang baik terhadap konsumen sangat mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen,dengan adanya pelayanan yang baik maka konsumen akan merasa puas baik dari cara komunikasi maupun pelayanan maupun pada saat perawatan/service kendaraan tersebut,dengan puasnya pelanggan terhadap pelayanan dapat dipastikan pelanggan tersebut pasti akan mempercayai bengkel Wisesa Motor untuk merawat kendaraanya kepada bengkel Wisesa,dengan begitu pemilik bengkel dan konsumen sama-sama diuntungkan,konsumen merasa puas dengan pelayanan dan pemilik bengkel mendapatkan inkam dari banyak konsumen yang datang dan melakukan perawatan kendaraanya di bengkel tersebut.

References

Alma, Buchairi(2011). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.
Azizah (2017). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan dalam
Membentuk Loyalitas Pelanggan Pada Bengkel AHASS Cahaya Indotama Godean Sleman Yogyakarta.Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol,2. No.1. Halaman 21-32.
Bitner dan Zeithaml (2013). Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Brady & Cronin (2001). Perilaku Konsumen. Jakarta :Binarupa Aksara.
Budiastuti(2012). Strategi Pemasaran. Terjemahan. Bandung :Alfabeta.
Gronroos (2012). Konsep Kepuasan Pelanggan. Jakarta:Citra Windu Satria.
Irawan (2014). Pemasaran Jasa. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Kotler Philip And Kevin Lane Keller. (2011). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1, Terjemahan
Bob Sabran, Mm. Jakarta: Erlangga.
Lailia (2012). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan nilai pelanggan terhadap kepuasan
pelanggan pengguna jasa servis bengkel Ahass 0002 Semarang honda center. Jurnal Menara Ilmu Vol. XI No.75.Halaman 194-205.
Lupiyoadi, Rambat(2011). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 3. Jakarta: Salemba.Lupiyoadi dan Hamdani (2013). Pemasaran Jasa. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Mangkunegara (2012).Manajemen Pemasaran: Strategi Bank Di Era Global. Jakarta: Gramedia.
Mulyono (2011). Mengukur Kepuasan Pelanggan. Cet. Kedua. Jakarta: PPM.
Ningrum (2017). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan melakukan service
pada bengkel sepeda motor Ahass Tanjungtani Prambon Nganjuk. Jurnal Siasat Bisnis, Vol.17 No.2. Halaman 117-130.
Parasuraman (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Jakarta: Salemba.
Rangkuti(2011). Pemasaran Jasa.. Bandung: Alfabeta.
Ridwan (2011). Metode Penelitian. Yogyakarta:Mediakom
Sholeha dkk (2018). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Ahass Sumber
Jaya Maha Sakti Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan Vol.9, No. 2.
Sudjana, Nana (2012). Metode PenelitianPendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D.
Bandung:Alfabeta.
Sugiyono(2012). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif DanR&D.
Cetakan ke-17 . Bandung:alfabeta.
Thamrin dan Tantri(2013).Pemasaran Jasa.Edisi revisi. Yogyakarta: PT. Surya sarana utama.
Tjiptono Dan Gregorius Chandra (2011).Strategi Pemasaran. Yogyakarta.: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy (2015). Service, Quality & Satisfaction.Edisi Ketiga. Yogyakarta : andi
Umar (2010). Metode Penelitian Administrasi. Edisi 9. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Yazid(2010). Pemasaran jasa. Edisi revisi. Yogyakarta: PT. Surya Sarana Utama.
Published
2022-09-13
How to Cite
Suhendar, M., Sunyoto, S., & Widiastuti, I. (2022). ANALISIS STRATEGI INDUSTRI TERKAIT KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PELANGGAN. Jurnal Penelitian & Pengkajian Ilmiah Mahasiswa (JPPIM), 3(3), 73 - 78. Retrieved from https://jppim.wisnuwardhana.ac.id/index.php/jppim/article/view/257