Pemahaman Faktor-faktor Untuk Meningkatkan Perilaku Konsumen Terhadap Pemilihan Jasa Villa Sebagai Tempat Penginapan (Studi Kualitatif Pada Desa Oro-oro Ombo kec. Batu Kota Batu)

  • Anggi Pandu Puspito Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wisnuwardhana Malang
  • Novita Rifaul Kirom Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wisnuwardhana Malang
  • Dian Rokhmawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wisnuwardhana Malang
Keywords: Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Jasa Villa, dan Tempat Penginapan.

Abstract

Abstrak: Menjamurnya tempat wisata di Kota Batu, menjadi lahan bagi para pelaku ekonomi. Khususnya para penyedia jasa akomodasi villa. Di Kota Batu sendiri, jasa akomodasi dalam kurun waktu yang relatif singkat sudah mulai menjamur. Mulai dari hotel berbintang sampai penginapan kelas menengah kebawah seperti Villa. Khususnya di Desa Oro-oro Ombo, para pelaku ekonomi kebanyakan menyediakan jasa akomodasi jenis villa. Harga yang murah, fasilitas seadanya, lokasi yang terbilang tidak jauh jalan raya, serta hal negatif yang disematkan oleh nama villa itu sendiri, tidak menjadi halangan bagi para penyedia untuk tetap membangun serta memasarkan villa itu sendiri. Penelitian ini sendiri bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap pemilihan jasa villa sebagai tempat penginapan. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif agar mendapatkan hasil yang natural atau apa adanya. Faktor keluarga, lokasi yang tidak jauh dari tempat wisata mejadi alasan utama para konsumen ini memilih jasa villa khususnya di Desa Oro-oro Ombo.

 

References

Ardhana, Oldy. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan.

Chasanah, Nur. 2010. Analisis Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk Susu Instan di Pasar Modern Kota Surakarta.

Melvina Priscilia, 2016. Faktor Esktrinsik Dan Intrinsik Yang Mempengaruhi Perilaku Green Consumer Di Beberapa Negara. Vol. 18 No. 2 hal 1-20

Nurhayati, Risky. 2011.Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan.
Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata. 2010. Tata Cara Pendaftaran Usaha Penyediaan Akomodasi. Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata: Jakarta.

Pristanto, Yanuar. 2010. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Menginap pada Hotel Bintang Mulia Jember.

Rohma, Fitriatur. 2013. Analisis Perilaku Konsumen Dalam Memutuskan Membeli Helm Merk KYT Pada Masyarakat Sumbersari Jember.

Sulastri. 2012. Dampak Pembangunan Villa. Jakarta: Libri.

Sulistiyono. 2015. Studi Kualitatif Deskriptif Perilaku Konsumen Risilan Fisik Vynil di Yogyakarta.
Published
2021-11-22
How to Cite
Puspito, A., Kirom, N., & Rokhmawati, D. (2021). Pemahaman Faktor-faktor Untuk Meningkatkan Perilaku Konsumen Terhadap Pemilihan Jasa Villa Sebagai Tempat Penginapan (Studi Kualitatif Pada Desa Oro-oro Ombo kec. Batu Kota Batu). Jurnal Penelitian & Pengkajian Ilmiah Mahasiswa (JPPIM), 1(2), 17-22. Retrieved from https://jppim.wisnuwardhana.ac.id/index.php/jppim/article/view/28
Section
Articles