Pengaruh Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Sari Roti Di Indomaret (Studi Pada Minimarket Indomaret Mayjend Sungkono No. 99 Malang)
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui dan menginterprestasi pengaruh secara bersama-sama (simultan) produk, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian Sari Roti di Indomaret Mayjend Sungkono. (2) Mengetahui pengaruh secara individu (parsial) bauran pemasaran yang produk, harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian Sari Roti di Indomaret Mayjend Sungkono. Penelitian ini ingin memperoleh gambaran tentang pengaruh produk, harga dan tempat terhadap keputusan pembelian Sari Roti. Sesuai dengan rumusan masalah, tujuan penelitian dan hipotesis, maka jenis penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory). Besarnya koefisien untuk variabel harga sebesar 1,031 atau 103,1% dengan arah koefisien positif. Hal ini mempunyai makna bahwa apabila harga Sari Roti merupakan salah satu faktor dalam membeli roti, pemberian diskon (potongan harga) serta harga terjangkau menjadi pertimbangan dalam pembelian Sari Roti. Dalam pengujian hipotesis satu ini akan di uji dengan uji t yang dihasilkan dari model regresi linier berganda. Seperti tampak pada tabel 4.10 di peroleh nilai untuk variabel produk sebesar 0,885 dengan tingkat signifikan (sig t) sebesar 0,381 dan nilai 1,679 sehingga nilai tersebut lebih kecil dari hal ini dapat disimpulkan bahwa variabel produk positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian Produk Sari Roti di Indomaret Mayjend Sungkono Malang. Nilai variabel harga 4,516 dengan tingkat signifikan (sig t) sebesar 0,000 dan nilai 1,679 dan nilai tersebut lebih besar dari nilai hal ini dapat disimpulkan bahwa variabel harga positif signifikan terhadap keputusan pembelian Produk Sari Roti di Indomaret Mayjend Sungkono Malang. Nilai variabel lokasi 0,119 dengan tingkat signifikasi (sig t) sebesar 0,906 dan nilai tersebut lebih kecil dari nilai hal ini dapat disimpulkan bahwa variabel lokasi positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian Produk Sari Roti di Indomaret Mayjend Sungkono Malang. Berdasarkan tabel 4.10 di peroleh nilai sebesar 148,623 dengan 2,807 () dengan tingkat signifikasi 0,000. Hal ini dapat dikatakan bahwa variabel produk, harga, dan lokasi dapat mempengaruhi keputusan pembelian Sari Roti di Indomaret Mayjend Sungkono Malang.
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian & Pengkajian Ilmiah Mahasiswa (JPPIM)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.