Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kualitas Pelayanan Fiskus Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor
Abstract
Abstract: The purpose of this study was to determine (X1) Understanding of Tax Regulations, (X2) Quality Fiscal Services and Tax Sanctions on Motor Vehicle Taxpayer Compliance Case Study on Students of East Nusa Tenggara Wisnuwardhana University Malang. In this study using saturated sampling, which is a sampling technique when all members of the population are used as samples. The data used in this study is primary data from the results of distributing questionnaires. The test method uses Validity, Reliability and Multiple Linear Regression Analysis with the SPSS for Windows version 21 program. From the results of the study it was found that the variables of understanding of taxation regulations, quality of tax service services and tax sanctions on taxpayers significantly influenced taxpayer compliance. While the variable understanding of tax regulations and tax sanctions is not significant to the compliance of motorized vehicle taxpayers. With the results of this study, it is hoped that the students of East Nusa Tenggara, Wisnuwardhana University, Malang, can improve the quality of tax service services to pay taxes so as to increase taxpayer compliance.
References
Ahmad Tjahyono, dan Muhammad Fakhri Husein. (2000). Perpajakan. Yogyakarta: Akademi Perusahaan YKPN.
Alam, Sahrul. 2003. “Pengaruh Tingkat Pengetahuan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Memenuhi Kewajiban Perpajakan (Studi Kasus mahasiswa nusa tenggara timur (NTT)”), Tesis S1 Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.
Arum, Harjanti Puspa 2012, Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Kegiatan Usaha dan Pekerjaan Bebas (Studi di WilayahKPP Pratama Cialacap), Universitas Diponegoro, Semarang.
Ardyanto, Arif Angga dan Utaminingsih, Nanik Sri. 2014. Pengaruh Sanksi Pajak dan Pelayanan Aparat Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Preferensi risiko Sebagai Variabel Moderasi. Accounting Analysis Journal Vol.3, No.2.Januari.Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Aryobimo, Putut Tri dan Cahyonowati, Nur. 2012. Pengaruh Persepsi Wajib Pajak tentang Kualitas Pelayanan Fiskus terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Kondisi Keuangan Wajib Pajak dan Preferensi Risiko sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Semarang). Jurnal Akuntansi Vol.1 No.2 Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.
Boediono, B. 2003. “Pelayanan Prima Perpajakan”. Jakarta: Rineka Cipta.
Devano, Sony dan Rahayu. 2006. Perpajakan: Konsep, Teori dan Isu. Jakarta: Kencana.Direktorat Jenderal Pajak 2008. Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.
Ghozali, Imam. 2014. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Husein Umar. 2008. Metode Penelitian. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Gede Putu Pranadata. (2014). “Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Perpajakan, dan Pelaksanaan Sanksi Pajak, terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada KPP Pratama Batu”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB (Vol 2, No. 2: Semester Genap 2013/2014). Hlm. 1-16.Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Malang.
Indriantoro, nurdan Supomo, bambang (1999). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta : Penerbit BPFE.
Jatmiko, Agus. Nugroho. 2006. Pengaruh Sikap Wajib Pajak pada Pelaksanaan Sanksi Denda, Pelayanan Fiskus dan Kesadaran Perpajakan terdadap Kepatuhan Wajib Pajak. Kendaraan bermotor Semarang: Program Studi Magister Akuntansi Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
Julianti, Murni. 2014. Analisis FaktorFaktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Untuk Membayar Pajak Dengan Kondisi Keuangan dan Preferensi Risiko Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus pada Wajib Pajak yang Terdaftar di KPP Pratama Candisari Semarang). Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.
Kartika dan Suntono. (2015). “Pengaruh Pemahaman Peraturan Pajak Dan Pelayanan Aparat Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Preferensi Risiko sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus pada UMKM yang Terdaftar Di KPP Pratama Demak)”. Jurnal Dinamika Akuntansi, Keuangan dan Perbankan Vol. 4, No. 1.
Keputusan Menteri Keuangan Nomor 235/KMK.03/2003 tentang “Kriteria Wajib Pajak”.
Kesuma. (2016). “Pengampunan Pajak Sebagai Upaya Optimalisasi Fungsi Pajak”. Jurnal Ekonomi Keuangan, dan Manajemen, Volume 12, (2), 2016.
Kusuma. (2016). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Pemahaman Peraturan Perpajakan Serta Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Membayar Pajak Tahun 2014 (Studi Kasus pada Wajib Pajak yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan Wonosobo)”. Program Studi Akuntansi Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Leba. (2016). “Dampak Pelaksanaan Kebijakan Penghapusan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus di KPP Pratama Wilayah Kanwil Direktoral Jenderal Pajak Daerah Istimewa Yogjakarta)”. Program Studi Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.
Mardiasmo. 2006. Perpajakan. Edisi Revisi 2009. Yogyakarta: Andi Mardiasmo. 2009. Perpajakan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Yogyakarta. Mardiasmo. 1997. Perpajakan, Yogyakarta: Penerbit Andi.
Ngadiman dan Daniel Huslin. (2015). “Pengaruh Sunset Policy, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Kembangan)”. Jurnal Akuntansi/Volume XIX, No. 02, Mei 2015: 225-241: Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara.
Nugroho. (2006). “Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Untuk Membayar Pajak Dengan Kesadaran Membayar Pajak Sebagai Variabel Intervening”. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.
Nur Indriatono dan Bambang Supomo. 2002. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE
Pandiangan, Liberty. “Puaskah Anda Dengan Pelayanan Pajak,” Artikel ini diakeses pada tanggal 12 November 2016, dari http://www.kanwilpajakwpbesar.go.id/berita
Pranadata, 2014. “Pengaruh pemahaman wajib pajak ,Kualitas Pelayanan Perpajakan, dan Pelaksanaan Sanksi Pajak, Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada KPP Pratama Batu”. Universitas Brawijaya Malang, Malang.
Ramadiansyah, Dimas., Sudjana, Nengah., Dwiatmanto. 2014. “Analisis FaktorFaktor yang Mempengaruhi Wajib Pajak Orang Pribadi dalam Memenuhi Kewajiban Membayar Pajak (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singosari”. Jurnal e-Perpajakan, No.1 volume 1. Universitas Brawijaya. Malang.
Resmi, Siti 2009, Perpajakan:Teori dan Kasus Buku 1, Salemba Empat, Jakarta.
Rochmat Soemitro. 2010. “Asas Dan Dasar Perpajakan (1) (Edisi Revisi)”.Refika Aditama
Safri Nurmantu. 2005. Dasar-dasar Perpajakan. Jakarta: Kelompok Yayasan Obor
Safri. (2013). “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas (Studi Di Wilayah Kpp Pratama Yogyakarta)”. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta
Sardana. 2014. “Kenali Hak dan Kewajiban Perpajakan Anda. Bandung: Alfabeta.
Shanti. (2016). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Pemahaman Peraturan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Wirausahawan Dalam Membayar Pajak Penghasilan Di KPP Pratama Gianyar”. Program Studi Pendidikan Ekonomi Falkutas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja.
Sugiyono.(2010). Metode Penelitan Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta
Supadmi, Ni Luh. 2010. Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Melalui Kualitas Pelayanan. Jurnal Akuntansi Pajak.
Syahril. (2013). “Pengaruh Tingkat Pemahaman Wajib Pajak Dan Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Pph Orang Pribadi (Studi Empiris Pada KPP Pratama Kota Solok)”. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.
Syamsudin, Marta. 2014. Pengaruh Persepsi Wajib Pajak Tentang Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Kondisi Keuangan Wajib Pajak Dan Preferensi Risiko sebagai Variabel Moderating. Skripsi. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Stikubank
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian & Pengkajian Ilmiah Mahasiswa (JPPIM)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.